Beda antara Jintan Hitam (Habbatussauda) dengan Jintan Putih

Bagi anda yang sudah biasa mengkonsumsi habbatussauda tentu tidak asing. Habatussauda atau jintan hitam memang banyak khasiatnya. Biasanya dijual di toko sudah dalam bentuk kapsul yang harganya sekitar 20 ribu sampai 60an ribu.
Klau ada yang hitam tentu ada yang putih donk??
Yap… benar… memang ada jintan putih. Namun perlu diketahui bahwa beda antara Jintan Hitam dengan Jintan Putih.
Nama latin dari habbtussauda adalah Nigella Sativa, berasal dari kelas Magnoliopsida, ordo Ranunculales, family Ranunculaceae, Genus Nigella. Sedangkan jintan putih atau dalam bahasa latinnya Cuminum Cyminum berasal dari kelas Magnoliopsida, Ordo Apiales, Famili Apiaceae, Genus Cuminum.
Kedua jenis jintan ini mempunyai kandungan yang berbeda, sehingga khasiatnya tentu berbeda pula. Jintan putih atau jintan atau cumin biasa digunakan untuk bumbu masak dengan aroma yang kuat dan rasa pedas.
Habbatussauda banyak dikenal dengan berbagai nama, diantaranya black seed, black caraway, black seed, natura seed, jintan hitam, black cumin, nigella sativa, kaluduru, dll. Digunakan sebagai herbal pengobatan sejak 2000-3000 tahun sebelum Masehi dan tercatat dalam banyak literatur kuno. Ahli pengobatan Yunani kuno, Dioscoredes, pada abad pertama Masehi telah mencatat manfaat habbatussauda untuk mengobati sakit kepala dan saluran pernafasan. Habbatussauda untuk pengobatan biasa digunakan dalam bentuk minyak, ekstrak dan serbuk. (yl)

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Ada kesalahan di dalam gadget ini