Blog plagiat (kurang ide atau watak), hargai karya orang lain dong!!!

Hemmm.... blogger-emoticon.blogspot.com gimana perasaan anda jika berkunjung ke sebuah blog... yang ternyata artikel-artikel yang  diposting adalah artikel buatan kita blogger-emoticon.blogspot.com, and ternyata yang punya blogpun tidak konfirm atawa ijin ke kita blogger-emoticon.blogspot.com. Parahnya si punya blog tidak hanya copy paste (copas) dari artikel kita saja tapi dari berbagai sumber dan modelnya sama yaitu copy paste aja.

Yah si plagiat, memang sudah watak kali ya... sukane hanya copas blogger-emoticon.blogspot.com. Hal ini sering saya perhatikan bagi para blogger yang isinya hanya copy paste aja... bahkan saya cek rankingnya lumayan di googlerank. Di sini bisa disimpulkan bahwa "ranking blog" tidak signifikan menunjukkan kualitas dari isi dan pembuat blog.

Menurutku, ngeblog itu tidak hanya asal post, tidak asal tulis blogger-emoticon.blogspot.com. Tetapi ada unsur tanggung jawab (tanggung jawab moral, agama, dan etika). Artinya, ketika kita memposting sesuatu, dampak apa yang akan terjadi setelah orang lain membaca blog kita. Dan tidak hanya itu, kalau kita sudah bisa memikirkan dampak, tentunya bahan yang kita gunakan, alias bahan yang kita pakai (sumber postingan kita) perlu diperhatikan darimana asalnya.

Dengan hanya berdalih agar terlihat blognya rame, blognya banyak postingan, selalu up to date lah, Hal ini tidak bisa menjadi alasan untuk menjadi plagiat alias penjiplak sejati.

Pernah suatu ketika temanku memberi alamat blognya. ketika aku kunjungi blog tersebut, artikel yang ada 95% copy paste. Alias isi blog yang dia posting huuuuuuuuampir semua copy paste blogger-emoticon.blogspot.com.

Daripada kita hanya copy paste sebuah postingan, lebih baik pasang linknya aja... blogger-emoticon.blogspot.com Sehingga  bila ada orang ingin membaca artikel tersebut, pembaca akan menuju langsung situs sumber aslinya. Karena walau copy paste kemudian menulis sumber asli (atawa mengetik linknya), hal ini tidak berarti kita ini sudah ijin pada yang empunya artikel. So, mungkin bagi blogger ketika membaca ini tidak setuju dengan pendapatku. Namun prinsip aku... plagiat sama juga dengan MALING blogger-emoticon.blogspot.com.

Untuk checking apakah blog sobat ada yang  copas bisa check di copyscape

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Ada kesalahan di dalam gadget ini