Arti 18 Digit pada NIP Pegawai Negeri (PNS)

Bila sobat lihat NIP Pegawai Negeri (PNS) sekarang, terlihat panjang ada 18 digit di sana. Sebelumnya paling sekitar 9 digit.

BTW... sebenarnya kenapa gue posting hal sepele ni ya....
mpng
hmmm....

Langsung aja deh...
18 digit di NIP tersebut artinya gini sob... 

Enam angka pertama menunjukkan tanggal lahir yang punya. Empat angka menunjukkan TMT CPNS/PNS (tahun pengangkatan/bisa diartikan tahun dia diangkat CPNS/PNS). Satu digit selanjutnya menunjukkan jenis kelamin. Tiga angka selanjutnya adalah no urutnya.


Misal ada angka kayak gini : 19730526 199903 1 004


Artinya :
19730526 : berarti kelahiran 26 Mei 1973
199903     : pengangkatan PNS pada bulan Maret 1999
1               : berarti dia berkelamin laki-laki (untuk angka 2 berarti berkelamin perempuan)
004           : ya itu no urutnya dia.

So... dengan melihat NIPnya saja, bisa dilihat kapan tanggal lahirnya, naik pangkat, gaji berkala, kapan dia pensiun dll.


Semoga bermanfaat...

4 komentar:

Softaza.com - Free Software mengatakan...

Makasih infonya bro...

Mas Bugie mengatakan...

yeuh..yg sudah PNS ck ck ck...tau aja, nah klo NRP pak pulisi piye mas, ra mudeng aku

Yuli Panca mengatakan...

nek NRP pak ici (logate anakku) gak wani posting aku... NRP : Nomor Rahasia Polisi. ntar dikira bocorin rahasia ama blogger preman... wkkk..

(Asline aku dw durung ngerti...)
nyante mas... ngko tak golekke info, sak fotone polisine yo...

daengrompa mengatakan...

kalo nomor urut itu dari mana yah? nomor urut di instansi masing-masing atau se Indonesia? atau nomor urut yang bertanggal lahir sama? bingung sayanya di titik ini...
btw, makasih dah mampir di blogku.. mari bersahabat..

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Ada kesalahan di dalam gadget ini