Blog Pasar Raya

        Genap sepuluh bulan aku ngeblog, waktu yang cukup lama bila dibandingkan dengan nunggu nasi goreng. Namun bisa dibilang waktu yang singkat bila dibandingkan dengan utang bank (Upss nyambung ndak sih..). Ketika masuk di dunia blog atau apalah namanya, tentu sebagai pemain awal masih belum begitu berpengalaman.
Sering googling untuk dapat tutor dan trik tips  bloging, alhasil blogku kayak "Blog Pasar Raya". Blog yang rame, kebanyakan asesoris, yang berakibat loading terlalu lama. Jangankan orang lain, gua sendiri saat membuka blogku aja tidak sabar.


Sobat postingan ini mengenai pengalaman dan pendapatku tentang blogku sendiri, sehingga tidak bermaksud menyinggung. Kalaupun ada yang setuju ya terima kasih, kalau tidak setuju ndak usah komen... 

Kembali ke masalah Blog Pasar, ya mungkin biar lebih keren 'blog Mall' he he..

Awal nge-blog tentu inginnya blogku semenarik mungkin. Sehingga saat dapat tips trik mempercantik blog, inginnya semua aku terapkan di blog. Seabrek pernak pernik ingin aku pasang di blog. Sampai sampai karena sering aku utak atik, templateku jadi ndak karuan...

Jadi berikut adalah hal-hal yang aku coba koreksi, sedikit dikurangi bahkan aku hilangkan pada blog ini.

Iklan
Saat baca tutorial, dengan main blog bisa membuka diri dan dijadikan sebagai bisnis online. Salah satunya dengan menjadi publisher adsense.
Semua adsense aku pasang di kanan.... kiri.... atas.... bawah... Ikut adsense negeri diawan, kumpul kebo, camp pengungsian pokok-e sak mbuhlah. Namun kini aku menyadari, akan keefektifan dari iklan tersebut. Sederhananya apa mungkin pengunjung blog itu akan terpana dan bernafsu untuk mengkliknya (boso ngendi to ki) dan apakah ini tujuan utama aku buat blog. Selain berefek pada loading yang lama, saya lihat blogku kok jadi semrawut (ya persis kayak pasar). Maka aku putuskan untuk menghilangkannya. 
Namun agar tidak terkesan sombong, dikira seolah tidak butuh receh gitu... So, aku coba kurangi adsense, dan setting tampilannya tidak mengganggu pengunjung, kupasang satu atau dua aja. (Mungkin malah tambah do ra nafsu ngeklik, tapi kalau sobat maksa mau ngeklik ya silahkan. Ini bukan himbauan lho tapi ya sedikit harapan wkkkk.)


Memang terlintas di benakku untuk berbuat sedikit curang dengan pasang iklan yang segede monitor, atau aku bikin transparan backgroundnya, biar kesempatan di klik lebih banyak. Ya monggo-lah bila sobat ada yang seperti itu, kalau aku menghindarinya.

Pasang MP3
Tak ubahnya pasar, yang banyak pedagang CD bajakan he2, pernah juga blog aku pasang  dengan MP3. Jadi pikirku pengunjung blog tambah seneng, karena ada musiknya. Kembali aku koreksi diri, udah koneksi internetku berdasarkan quota, ntar quota habis hanya untuk buka blogku sendiri. Dan selain memberatkan blog, belum tentu pengunjung sealiran dengan musikku.  Kesenenganku kan lagu-lagu campur saru, koyo tali kutang, nganti subuh karo Rohana... weleh... njur pengunjunge aku yakin malah do ngantuk. Maka untuk satu ini juga udah aku buang.

Animasi
Nah ini sebenarnya kesukaanku. Blognya banyak aksesori sana sini. Pernah aku pasang animasi kupu-kupu, teks yang ngikuti kursor, gambar slide. Semua aku buang kecuali ya foto anakku di atas, sebagai penyemangat (iso ge crito anak putu mbesuk... "Lhe nduk... mrene nyedak mbahe kabeh... tak critoni..." hasyah malah ndagel)

Pernak pernik
Seperti teks pada navbar "Selamat datang di blogku ya, jangan lupa bla bla bla" dulu ada, sekarang udah aku hilangkan. Terkesan menthel dan  pada feedjitku jadi tidak kelihatan, postingan apa yang baru aja dikunjungi.
udah Counter flag, Map, hitstat, atau apalah aku nyampai lupa...Ngasih makan ikan, humsterlah, pinguin goyang... status facebooklah... wis pernah aku pasang semua.
Umpama tetap aku pertahankan jan asli koyo blog pasaraya tenan.


Dengan penuh pertimbangan, mengingat, (hasyaah...) koneksi internet dibatasi oleh quota (walau ada yang mengklaim unlimited tetep aja hitungannya quota), kecepatan aja maks 50 kb/s, bahkan kalau sedang banyak penggunanya mentok 10 kb/s. Belum lagi sering error...
Wis jan kerep matine... dadi koneksine koyo bekicot nggowo rangsel, keno asamurat, udan angin munggah gunung.... luemoooteeee....
Sehingga aku putuskan untuk lebih mementingkan isi ketimbang aksesori.

Pengalaman saat blogwalking, bila blog yang aku kunjungi loadingnya lama, lebih baik ngacir aja. Wis kesuen ngentek2ke quota. Lebih baik blogku laksana perumahan yang kecil (template udah dari sononya...), dicat yang bagus, kasih sedikit lampu hias dan beberapa pot bunga lah (fungsi roll atau marquee), cukup kasih tulisan "sedia Es Batu" (alias iklan dikit aja), dan ndak usah nipu, Istri satu, anak cukup dua (laki ama perempuan, jumlah terserah), hidup tentram, aman, damai, sejahtera (weleh... kebablasan).

Wis, kuilah unek2 soal blogku dewe... ra perlu kudu setuju, tapi yo ra keno protes... sing jelas nulis ngeneki malaikat lho (angel)... nganggo mikir barang... nek diprotes jan keloro loro atiku... he2

6 komentar:

Mas Bugie mengatakan...

yah maklum mas masih masa puber jadi sering coba-coba, klo sekarang sampyan nyadar yo syukurlah wkwkwkwkwk....

msafru mengatakan...

Coba-coba untuk untuk kreatif itu lebih bagus dan yang pasti sukses n semangat sob

Belantara Indonesia mengatakan...

2 hari iki wektu habis nggo ganti cat je mas...bosen template kmaren..wkwkwkkwkw

Yuli Panca mengatakan...

@mas bug : ijek puber, trus lagi mbocahi ki mas... foto anake wae ndadak dipasang... wkkk
@msfru : sip... makasih suprotnya
@BI : langsung ane lihat rumahnya... catnya kayak apa...

Razor mengatakan...

Saya malah baru 4-5 bulan ngblog. 10 bulan mah pasti sudah cukup berpengalaman. Salam kenal ya kang, Mohon bimbingan nya, Saya masih newbie.

penta mengatakan...

aku setuju om

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Ada kesalahan di dalam gadget ini