Manfaat Lombok/Cabai teman setia Gorengan

Siapa sih yang ndak suka gorengan? Kalau ada biasanya takut ama kolesterol. Memang karena minyaknya, gorengan dipandang merupakan salah satu makanan sumber kolesterol. Namun sobat, postingan ini tidak membahas gorengannya… tapi temennya gorengan… yaitu lombok/cabai….

Karena kemarin nyari gorengan di tempat Mas Bugie, ternyata habis disikat ama tuan rumah. Jadi coba beli sendiri…. Gorengan anget karo nyeplus lombok… mak nyus…

Sambil kepedesan, aku berfikir… kok bisa ya, benda kecil kerasa pedas… trus penjelasan secara ilmiahnya kayak apa sih… dan emang apa manfaatnya lombok/cabai???
 
Setelah tanya mbah google, ternyata manfaatnya luar biasa sob…
Cabai sebetulnya merupakan makanan kaya gizi. Cabai mengandung senyawa kimia yang dinamakan capsaicin. Selain itu, terkandung juga berbagai senyawa yang mirip dengan capsaicin, yang dinamakan capsaicinoids.
Saat dimakan, senyawa capsaicinoids berikatan dengan reseptor nyeri di mulut sehingga menyebabkan rasa pedas. Wal hasil saat kita merasa kepedesan maka denyut jantung akan naik, dan kita biasanya berkeringat, dan hormon endorfin akan keluar.
 
Sebenarnya apasih yang membikin pedas
Yang membuat cabai terasa pedas adalah kapsaisin yang tersimpan dalam “urat” putih cabai, tempat melekatnya biji.
 
Inilah beberapa manfaat lain dari cabai secara singkat :
Sumber vitamin
Cabai banyak mengandung vitamin C dan betakaroten (provitamin A), lebih daripada buah-buahan seperti mangga, nanas, pepaya, dan semangka.

Meningkatkan nafsu makan 
Kapsaisin cabai bersifat stomakik, yakni dapat meningkatkan nafsu makan. Dan merangsang produksi hormon endorphin yang mampu membangkitkan sensasi kenikmatan.

Mengurangi Kemungkinan menderita Stroke dan Jantung Koroner
Kapsaisin bersifat antikoagulan dengan cara menjaga darah supaya tetap encer dan mencegah terbentuknya kerak lemak pada pembuluh darah. Kapsaisin mengencerkan lendir sehingga melonggarkan penyumbatan pada tenggorokan dan hidung, termasuk sinusitis. Orang yang suka sambel/cabai kemungkinan kecil menderita penyumbatan pembuluh darah (aterosklerosis). Artinya memperkecil kemungkinan menderita serangan stroke, jantung koroner, dan impotensi.

Menurunkan berat badan
Penelitian terbaru mengindikasikan bahwa capsaicin mampu menurunkan berat badan  pada orang yang menderita obesitas. Tapi gimana mau menurunkan berat badan ya sob… cabai cuma beberapa glintir, tapi gorengannya satu piring… wkkk

Semoga bermanfaat...

9 komentar:

ardian eko mengatakan...

senyawa itu rumus kimianya apa ya?? Ahahaha..
Namanya cabe itu ya pedes.. kalo asem itu kecut..

Yuli Panca mengatakan...

senyawa tidak pakai rumus, tapi pakai 'se', kalau tidak jadinya 'nyawa' wkkkk

bener juga ya... ngapain cabe itu dipikirin...

Pemeliharaan Mesin mengatakan...

makasih infonyaa

motivator indonesia mengatakan...

sangat bermanfaat, makasih yaa

Parking mengatakan...

makasih

Armstrong ceiling mengatakan...

thanks

Saraf Kejepit mengatakan...

mantab gan

Belajar Forex mengatakan...

kereeen

percetakan jakarta mengatakan...

salam kenal

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Ada kesalahan di dalam gadget ini