"Sansevieria" Tanaman Penyedot Bau Tak Sedap


Sansevieria, tanaman yang mungkin biasa kita lihat disekitar kita, ternyata merupakan tamaman yang ampuh untuk membersihkan udara. Tanaman ini bisa disebut merupakan tanaman pembersih udara yang alami (Natural Air Cleaner).


Hasil penelitian Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) polusi udara menyebabkan penyakit yang dikenal dengan nama sick building syndrome, merupakan polutan yang paling banyak berasal dari asap rokok, benzene, dan formaldehida. Sick building syndrome ini menyebabkan mata dan hidung panas seperti terbakar, tenggorokan panas dan kering, kelelahan kronis, kanker, menurunkan kemampuan konsentrasi, gemetar, mual, otot kram, kulit kasar dan kering, sakit kepala, hati berdebar, batuk, pilek dan nafas tersengal. 

Dari penelitian ini NASA menyimpulkan bahwa  ada beberapa tanaman yang dapat menyerap polutan, diantaranya sansevieria, philodendron, aglaonema, spathiphyllum, dan krisan. Karena Sansevieria merupakan tanaman indoor dan outdoor, mudah dirawat, penampilannya menarik dan tahan lama, sehingga tanaman ini tepat sekali kalau kita tanam di rumah. Kelebihan lain adalah tanaman ini bila di malam hari penyerapan oksigennya sedikit sehingga tidak mengganggu proses pernapasan makhluk lain (kamsutnya kita sebagai penghuni rumah). 

Proses bagaimana tanaman ini bisa menyerap racun/polutan di udara adalah melalui proses penangkapan dan pemecahan alias metabolic breakdown. Tanaman menangkap polutan berupa senyawa organisk melalui stomata bersamaan proses respirasi, transpirasi dan fotosintesis. 
Tidak hanya membersihkan udara sekitar, ternyata tanaman ini juga berkhasiat sebagai obat seperti bengkak, penyakit kulit, eksim, wasir, sakit gigi, telinga berdengung, penyubur rambut, pencegah flu dan penawar racun binatang berbisa. (Untuk caranya mungkin sobat bisa googling sendiri ya....)
Melihat manfaatnya yang luar biasa, tidak ada salahnya kalau tanaman ini menjadi pilihan menghiasi teras rumah atau ruang tamu sobat... 

Ada satu manfaat lagi sobat.... kata temenku yang kerja dari PLN, selain manfaat di atas, tanaman ini bisa mengurangi radiasi monitor komputer, dengan cara menaruhnya di dekat monitor komputer.   

9 komentar:

the Elf mengatakan...

menarik infonya sangat membantu, biar rumah menjadi sehat...

terima kasih

survival zone mengatakan...

wah itumah tanaman yg ada di tetangga rumah say, diambil ah buat ditaroh disebelah wc... hehe
makasih sob infonya... :-)

Cewek Cantik Cewek Hot X Ya mengatakan...

Gan…..
Blognya bagus banged..

Ajarin saya ya….

Mampir juga nih ke blog saya yang jelek banged…
http://hpcartridgerefills.com

Kita tukeran link juga….!!! :)

Syaifullah Arifin mengatakan...

Wah. tnaman ini banyak di sekitar saya...
bhkan sering dibuang krna bungax tidak bgitu bgus...
ternyata bermanfaat bgt yah...
thank's infox...

Faril mengatakan...

iya,,saya paling nggak tahan sama bau asap rokok,,ternggorokan dan hidung jadi panas..
sebaiknya tanaman ini ditanam di banyak tempat agar orang2 seperti saya dapat terhindar dari asap rokok yang makin merajalela

Yafiz mengatakan...

Info sangat bermanfaat. Aku akan tanam lagi ah, (pernah kutanam, tapi terus dibuang....)tanaman ini disebut juga Lidah Mertua?

cara mengatakan...

.....Lidah Mertua tidak selalu tajam 'kan?

hadi khikman nudin mengatakan...

sangat menarik

dedi sumandi mengatakan...

,.,KISAH NYATA ,
Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hampir bunuh diri, saya punya anak 2 masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana meninggalkan saya dan anak anak, ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya. Tapi setelah di bantu HABIB IDRUS hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi HABIB IDRUS. Untuk Konfirmasi Lebih Jelasnya: >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<< .Semua petunjuk Beliau saya ikuti dan hanya Dalam waktu 2 hari, Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih HABIB IDRUS saya tidak akan melupakan jasa HABIB IDRUS. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH.(BUKAN PESUGIHAN ATAUPUN PENGGANDAAN UANG).

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Ada kesalahan di dalam gadget ini