"Sansevieria" Tanaman Penyedot Bau Tak Sedap


Sansevieria, tanaman yang mungkin biasa kita lihat disekitar kita, ternyata merupakan tamaman yang ampuh untuk membersihkan udara. Tanaman ini bisa disebut merupakan tanaman pembersih udara yang alami (Natural Air Cleaner).


Hasil penelitian Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) polusi udara menyebabkan penyakit yang dikenal dengan nama sick building syndrome, merupakan polutan yang paling banyak berasal dari asap rokok, benzene, dan formaldehida. Sick building syndrome ini menyebabkan mata dan hidung panas seperti terbakar, tenggorokan panas dan kering, kelelahan kronis, kanker, menurunkan kemampuan konsentrasi, gemetar, mual, otot kram, kulit kasar dan kering, sakit kepala, hati berdebar, batuk, pilek dan nafas tersengal. 

Dari penelitian ini NASA menyimpulkan bahwa  ada beberapa tanaman yang dapat menyerap polutan, diantaranya sansevieria, philodendron, aglaonema, spathiphyllum, dan krisan. Karena Sansevieria merupakan tanaman indoor dan outdoor, mudah dirawat, penampilannya menarik dan tahan lama, sehingga tanaman ini tepat sekali kalau kita tanam di rumah. Kelebihan lain adalah tanaman ini bila di malam hari penyerapan oksigennya sedikit sehingga tidak mengganggu proses pernapasan makhluk lain (kamsutnya kita sebagai penghuni rumah). 

Proses bagaimana tanaman ini bisa menyerap racun/polutan di udara adalah melalui proses penangkapan dan pemecahan alias metabolic breakdown. Tanaman menangkap polutan berupa senyawa organisk melalui stomata bersamaan proses respirasi, transpirasi dan fotosintesis. 
Tidak hanya membersihkan udara sekitar, ternyata tanaman ini juga berkhasiat sebagai obat seperti bengkak, penyakit kulit, eksim, wasir, sakit gigi, telinga berdengung, penyubur rambut, pencegah flu dan penawar racun binatang berbisa. (Untuk caranya mungkin sobat bisa googling sendiri ya....)
Melihat manfaatnya yang luar biasa, tidak ada salahnya kalau tanaman ini menjadi pilihan menghiasi teras rumah atau ruang tamu sobat... 

Ada satu manfaat lagi sobat.... kata temenku yang kerja dari PLN, selain manfaat di atas, tanaman ini bisa mengurangi radiasi monitor komputer, dengan cara menaruhnya di dekat monitor komputer.   

6 komentar:

Unknown mengatakan...

menarik infonya sangat membantu, biar rumah menjadi sehat...

terima kasih

survival zone mengatakan...

wah itumah tanaman yg ada di tetangga rumah say, diambil ah buat ditaroh disebelah wc... hehe
makasih sob infonya... :-)

Unknown mengatakan...

Wah. tnaman ini banyak di sekitar saya...
bhkan sering dibuang krna bungax tidak bgitu bgus...
ternyata bermanfaat bgt yah...
thank's infox...

Faril mengatakan...

iya,,saya paling nggak tahan sama bau asap rokok,,ternggorokan dan hidung jadi panas..
sebaiknya tanaman ini ditanam di banyak tempat agar orang2 seperti saya dapat terhindar dari asap rokok yang makin merajalela

Yafiz mengatakan...

Info sangat bermanfaat. Aku akan tanam lagi ah, (pernah kutanam, tapi terus dibuang....)tanaman ini disebut juga Lidah Mertua?

cara mengatakan...

.....Lidah Mertua tidak selalu tajam 'kan?

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails